Penumpang Supir Angkot Berkurang

Djunizar Ega Kusuma – Warta Batas Kota, 10080010105
Senin, 28/05/2012 1:36 WIB

Mona Lis4

Angkot jurusan Pasar Caringin – Dago yang sedang surut penumpang.

 
Bandung

 “Sekarang mah penumpang susah, banyak yang naik motor.”, ujar Robi, supir angkot jurusan Caringin-Dago.

Banyaknya orang yang lebih memilih untuk memiliki kendaraan pribadi membuat supir angkot di Bandung kehilangan energi bisnisnya. Dibanding tahun-tahun sebelumya, tahun 2012 ini berkurangnya penumpang angkot semakin dapat dirasakan oleh para supir angkot. Dulu yang biasanya penumpang kesulitan mencari angkot kosong berbanding terbalik dengan kondisi sekarang yang malah supir angkot yang kesulitan mencari penumpang.

“Wah kalo dulu sih penuh terus, sekarang mah ya gini aja kosong. Ngetem juga nggak dapet-dapet.”, keluh Robi.

Murahnya ongkos angkutan pribadi membuat minat masyarakat terhadap angkutan umum menurun sehingga kebanyakan orang justru memandang bahwa naik angkutan umum adalah salah satu bentuk pemborosan. Dibandingkan dengan ongkos kendaraan pribadi , total ongkos yang harus dikeluarkan penumpang angkot cenderung lebih mahal.

“Naik angkot mahal, kalo motor, bensin lima ribu juga bisa tahan sampe tiga hari lebih.” ujar Fajar Fadillah salah seorang mahasiswa Teknik Mesin UPI.

Fajar sendiri sehari-harinya menempuh perjalanan sekitar 10 km sehari dengan 2 kali ganti trayek angkot. Fajar membayar seharga Rp. 2000,- dalam sekali jalan di satu trayek. Sehingga dalam sekali berangkat akan membayar Rp. 4000,- dan apabila dijumlah dengan ongkos perjalanan pulang menjadi Rp 8.000,- dalam sehari dan itu hanya ongkos angkotnya saja belum ditambah ongkos ojek sebesar Rp 10.000,- pulang-pergi.

Namun Robi mengaku tidak menambah atau mengurangi jam kerja setiap harinya. Beliau bekerja dari sekitar pukul enam pagi sampai sekitar pukul tujuh malam mengikuti ramainya arus perkotaan. “Kalau rezeki mah nggak akan kemana lah.” tambahnya.

“Harusnya sih ada tindakan pemerintah buat angkot kalo nggak mau motor tambah pabalatak mah.” ujar Robi mengancam.

(ega/105)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s